You need to enable javaScript to run this app.

Pelaksanaan OSN Serentak Di SMP Negeri 1 Pasawahan

  • Kamis, 30 Mei 2024
  • Berita
  • Dede Faturohman
  • 0 komentar
Pelaksanaan OSN Serentak Di SMP Negeri 1 Pasawahan

OSN adalah olimpiade sains tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Olimpiade ini merupakan ajang aktualisasi sekaligus unjuk prestasi bagi peserta didik di jenjang SD, SMP, dan SMA. Seleksi OSN akan digelar secara bertingkat, mulai dari tingkat daerah, hingga nasional. 

Mekanisme ini bertujuan memberikan kesempatan yang adil kepada seluruh peserta didik demi menjaring bibit-bibit bertalenta di Tanah Air. Peserta yang boleh mengikuti OSN adalah siswa kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2023/2024 saat mengikuti OSN tingkat kabupaten/kota (OSN-K) dan OSN tingkat provinsi (OSN-P) Olimpiade Sains Nasional (OSN) tidak hanya menjadi ajang kompetisi antar siswa, tetapi juga menjadi wadah untuk mengasah bakat dan kecerdasan generasi muda dalam bidang sains.

SMP Negeri 1 paswahan menjadi sekolah yang di tunjuk oleh Dinas Pendidikan untuk memfasilitasi pelaksanaan OSN yang di ikuti oleh 5 sekolah. Dalam pelaksanaan OSN secara serentak di SMP Negeri 1 Pasawahan sendiri mencakup 3 Mata Lomba yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dilaksanak pada 29 Mei 2024 dan Matematika yang dilaksanakan pada 30 Mei 2024.

Melalui OSN ini, pemerintah berupaya menciptakan generasi muda yang unggul di bidang sains. Kompetisi ini menjadi sarana untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi siswa yang memiliki kecenderungan dan kemampuan di bidang sains, sehingga dapat menjadi calon-calon ilmuwan dan inovator masa depan. Peserta OSN tidak hanya diuji dalam pemahaman konsep-konsep sains, tetapi juga dalam kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Soal-soal yang dihadapi peserta seringkali mengharuskan mereka untuk memecahkan masalah kompleks, menerapkan pengetahuan secara praktis, dan berpikir out of the box.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Irma Silviani, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Segala puji syukur kita naikkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, dan...

Berlangganan