You need to enable javaScript to run this app.

Visi dan Misi

VISI

Terwujudnya Peserta Didik Yang Berkarakter, Cerdas, Dan Unggul Dalam Prestasi Melalui Komunitas Belajar Yang Berwawasan Lingkungan Dengan Semangat Pancasila

Indikator Visi:

  1. Terwujudnya peserta didik cerdas berkarakter yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu:
    1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
    2. Mandiri,
    3. Bernalar Kritis,
    4. Kreatif,
    5. Bergotong-royong, dan
    6. Berkebinekaan global.
  2. Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik
  3. Terwujudnya komunitas belajar yaitu sekolah sebagai tempat saling belajar dan berkembang bagi guru sebagai ahli, peserta didik, serta orang tua  dan masyarakat.
  4. Terwujudnya lingkungan belajar yang kondusif
  5. Terwujudnya pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21

 

MISI

  1. Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik.
    1. Menentukan kriteria ketuntasan belajar peserta didik
    2. Menentukan kriteria lulusan dalam bentuk portofolio, berupa evaluasi atas raport, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya.
    3. Mengikutsertakan peserta didik untuk kegiatan lomba minimal tingkat kecamatan hingga sampai tingkat internasional.
  2. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila
    1. Melaksanakan proyek profil pelajar pancasila untuk seluruh peserta didik
    2. Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian
    3. Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah
    4. Mengimplementasikan nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan Ekstrakurikuler.
  3. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan komunitas belajar yaitu guru, peserta didik dan orang tua saling belajar sepanjang hidupnya.
    1. Membuka ruang kelas (open class) untuk guru lain bisa saling melihat dan belajar proses pembelajaran di kelas.
    2. Mengaktifkan kegiatan MGMP sekolah untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian
    3. Mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan guru agar lebih profesional.
    4. Memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler pilihan berdasarkan minat dan potensi peserta didik dalam segala bidang.
    5. Memfasilitasi sosialisasi kepada komunitas orang tua terkait dengan program sekolah.
  4. Mewujudkan pendidikan yang menjamin hak belajar bagi setiap peserta didik
    1. Memfasilitasi pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus
    2. Memfasilitasi pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak
    3. “Caring” (peduli) dalam proses pembelajaran, dimana setiap peserta didik saling bantu dan dibantu.
  5. Mewujudkan pendidikan menggunakan pendekatan atau model yang beragam
    1. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model yang beragam
    2. Melakukan pembiasaan bagi peserta didik untuk melaksanakan tugas dalam bentuk proyek
  6. Mewujudkan pendidikan mengembangkan keterampilan abad 21
    1. Melakukan kegiatan belajar mengajar mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif
    2. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi.
    3. Melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter melalui:
      • Tujuh Poe Atikan
      • Pembelajaran AKPK
      • Pendidikan Anti Korupsi
      • Program Sekolah Ramah Anak
      • TdBA (Tatanen di Bale Atikan)
Bagikan artikel ini:
Irma Silviani, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Segala puji syukur kita naikkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, dan...

Berlangganan