You need to enable javaScript to run this app.

Pemanfaatan QR-Code sebagai media pembelajaran

  • Kamis, 05 Oktober 2023
  • Berita
  • Dede Faturohman
  • 0 komentar
Pemanfaatan QR-Code sebagai media pembelajaran

Penggunaan Kode QR pada pembelajaran merupakan proses digitalisasi dalam pembelajaran memungkinkan guru menciptakan suasana belajar digital yang mengakomodasi gaya belajar siswa di era digital. Sebagai pembelajar di abad ke-21, pelajar kini condong ke mode pembelajaran yang lebih mandiri dan paham teknologi, dengan informasi tersedia dengan satu klik atau satu ketukan.

Dengan kode QR yang digunakan di kelas, siswa dapat mengakses sumber yang akurat dan konten pembelajaran yang berkualitas. Yang diperlukan untuk melakukannya hanyalah satu pemindaian. Selain itu, menggabungkan kode QR di kelas memberikan kemudahan bagi guru karena meringankan beban kerja harian mereka. Di Smpn 1 Pasawahan penggunaan QR-Code dilaksanakan pada pembelajaran P5, siswa mengisi absen, evaluasi, dan refleksi pembelajaran menggunakan QR-Code.

Perkembangan bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat memberikan dampak yang berpengaruh, dalam berbagai sektor hingga lembaga-lembaga termasuk pendidikan. Di era revolusi 4.0 ini semua manusia dituntut untuk mampu efisiensi, otomatisasi, dan digitalisasi.  Hal ini membuat perkembangan dalam berbagai sistem, sehingga kita bisa menerapkan dan mampu untuk mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang yang ada di sekitarnya termasuk pendidikan. 

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Irma Silviani, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Segala puji syukur kita naikkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, dan...

Berlangganan