You need to enable javaScript to run this app.

Pelaksanaan ANBK SMP Negeri 1 Pasawahan Tahun Ajaran 2023/2024

Pelaksanaan ANBK SMP Negeri 1 Pasawahan Tahun Ajaran 2023/2024

Ujian Nasional beberapa tahun terakhir telah diganti dengan (ANBK)  Asesmen Nasional Berbasis Komputer sebagai penentu kelulusan siswa di sekolah, baik untuk tingkat SD hingga SMA. 

Apa Itu ANBK? 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kemendikbudristek pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Asesmen Nasional dilakukan dengan menggunakan komputer secara daring dan semidaring sehingga disebut juga dengan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal. 

Dikutip dari laman Direktorat Pendidikan SMP, Pelaksanaan Asesmen Nasional 2023 tingkat Sekolah Menengah Pertama/Sederajat mengacu pada Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 015/H/KP/2023 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2023. 

Menurut situs resmi Kemdikbud dijelaskan, Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang digelar oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Di SMP Negeri 1 Pasawahan pun telah dilaksanakan pelaksanaan ANBK pada tanggal 18 dan 19 september 2023 yang bertempat di Laboratorium Komputer SMP Negeri 1 Pasawahan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar yang nantinya juga akan dilaksanakan pada jadwal yang telah ditetapkan.

Penting juga untuk diketahui bahwa peserta ANBK ini terdiri atas siswa Kelas 8 yang berjumlah 45 Orang peserta dengan 5 cadangan ,  yang dilaksanakan secara 3 sesi secara tertib dan aman.

Alokasi Waktu

Hari ke-1 senin, 18 September 2023

Hari pertama. Yakni dimulai dari Sesi pertama yaitu pukul 07.30 WIB sampai selesai di sesi ke- 3 yaitu pukul 16.30 WIB, Jenis Assesmen Siswa di hari pertama ANBK adalah jenis literasi membaca dan survei karakter. 

Hari ke-2 Selasa ,19 September 2023

ANBK hari kedua juga dimulai dari Sesi pertama yaitu pukul 07.30 WIB sampai selesai di sesi ke- 3 yaitu pukul 16.30 WIB. Jenis Assesmen Siswa di hari kedua ANBK adalah numerasi dan survei lingkungan belajar.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Irma Silviani, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Segala puji syukur kita naikkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, dan...

Berlangganan